Pasang Turbo di Honda CBR

Honda CBR pasang turbo?? Emang bisa ki?? hehehe…
Turbo?? Apaan sih Turbo…turbo bukan turun bero lho…tapi alat pemampat udara yang berfungsi sebagai penambah tenaga!! Gimana sih Prinsip kerja Turbo??
Kalo begawan sih gak setuju kalo namanya turbo…tapi karena masih yunior yah ngikut ajah…hehehe…turbo sebenernya adalah 2alat yang digabung jadi satu dalam 1poros (shaft)….seperti mata uang (koin) disatu sisi turbo ini adalah turbin/diffuser dan disisi lainnya adalah kompressor…tapi anehnya alat ini digabung dalam 1 poros….!!
pada sisi turbin/diffuser, alat ini dialiri gas buang dari header knalpot…karena kecepatannya tinggi dan bersuhu panas maka sudu2/baling2 dalam turbin ini mampu menggerakkan shaft/poros turbo. setelah tak terpakai..waste gas dari header knalpot tadi direlease (dibuang)….nah disisi sebelahnya ada kompresor kan….??!! sudu2/baling2 dalam kompressor ini menghisap udara dari luar dan mengkompresikan-nya kedalam mesin!! karena dalam keadaan setimbang berlaku rumus PV=nRT….maka temperatur udara dari kompresor akan naik…..
jika dipaksakan langsung masuk kedalam mesin, maka kadar oksigen dalam udara yang terkompresi akan berkurang, karena efek pemuaian…untuk mengatasi kerugian tersebut, maka udara dimasukkan dalam Heat ex-changer…ato dalam istilah pabrikan adalah inter-cooler!! sehingga ketika udara akan masuk dalam mesin…setidak2nya temperaturnya mendekati temperatur ambien (normal)….
skema turbo secara simpel
apakah Turbo cocok buat mesin kecil??
pertanyaan ini pasti terdapat membayangi setiap pecinta speed freak…bisa sih bisa…tapi material/bahan mesin harus joss…kalo material yang dipake abal2, mesin akan rompal ketika terjadi lonjakan kompresi dan proses lag (telat adaptasi)…mesin jebol dan tentu saja handling akan liar…(kata nenek berbahaya)!! BBM sejenis premium haram…karena butuh oktan gede agar tidak detonasi…pendinginan juga harus di upgrade agar tidak terjadi kegagalan akibat part yang bergerak macet gara2 kepanasan!!
Tapi ada kok Honda CBR pasang Turbo…kalo gak percaya kirim email ke sini ya..cbr1137tic@turbo-bike.com
dari header honda CBR masuk ke turbo copotan Volvo s60R

mesin dipasang pada frame...inlet kompressor dipasangi filter!!
memasang plenum ke karburator!! Kagak pake inter-cooler
merancang jalur waste gas....
jalur waste gas dah jadi dibuat!!
posisi radiator yang ngalah
hoose dan connecting harus rapet..gak boleh bocor, material dipilih tubing 316 seamless dia 2.5"
setelah kumplit..boost @ 1.2bar...cek pressure gauge di panel....
semoga bagi yang pengin pasang turbo bisa terbantu!!

Comments